Historum - History Forums  

Go Back   Historum - History Forums > Blogs > keyko
Register Forums Blogs Social Groups Mark Forums Read


Rate this Entry

Cara Merawat Kulit Berminyak

Posted February 27th, 2018 at 09:54 PM by keyko

Minyak yang ada di kulit wajah berasal dari kelenjar sebaceous yang bekerja secara berlebihan dalam memproduksi minyak atau sebum sehingga kulit berminyak rentan menimbulkan masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Karena itulah memiliki kulit berminyak sering dianggap merepotkan bagi sebagian besar wanita.

Ciri–Ciri Kulit Wajah Berminyak

Sebenarnya bagaimana mengetahui bila minyak di wajah kita itu adalah kondisi alami atau karena sebab lain? Untuk mengetahuinya kita harus mengamati keadaan kulit wajah sehari–hari. Wajah yang pada dasarnya berminyak mempunyai beberapa karakteristik seperti berikut:

Kulit memiliki tingkat elastisitas yang tinggi
Minyak pada wajah memang membantu kulit wajah untuk tetap lembut dan elastis serta menghindari keriput. Akan tetapi bila jumlah minyak di wajah ini sudah berlebihan, tentunya sudah tidak alami lagi dan perlu dilakukan perawatan.

Wajah tampak berminyak dan mengkilap di daerah dahi, hidung dan dagu.
Kondisi seperti ini bisa tampak pada kulit wajah setiap hari. Sehabis mencuci muka pun tampilan wajah yang kesat dan bersih hanya akan bertahan selama beberapa jam dan kembali berminyak.

Pori–pori wajah tampak besar
Bila sedang bercermin, kelihatan pori – pori wajah yang besar dan terbuka. Pori besar ini terlihat di seluruh bagian wajah, tidak hanya di daerah T saja. Terkadang terlihat seperti kulit jeruk.

Wajah sering berjerawat dan banyak komedo
Salah satu akibat kulit berminyak adalah kulit wajah menjadi rentan terhadap masalah jerawat dan komedo, karena minyak di wajah dapat membuat kotoran cepat menempel dan menutup pori – pori wajah.

Kondisi wajah cenderung kusam
Kalau selalu berminyak, tampilan kulit wajah akan selalu kusam sehingga wajah seringnya tidak terlihat bersih dan bersinar. Cara merawat kulit agar tidak kusam adalah dengan mengatasi masalah minyak tersebut.

Penyebab Kulit Berminyak


Kulit berminyak dapat disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya adalah:
  • Genetis
  • Kosmetik
  • Tidur Larut
  • Hormonal
  • Makanan
  • Stress
  • Cuaca
Perawatan Harian Untuk Wajah Berminyak
Merawat wajah yang berminyak bisa disebut gampang – gampang susah. Gampang karena pada dasarnya kulit berminyak tidak memerlukan terlalu banyak perawatan. Disebut susah karena perawatannya memerlukan ketelatenan dan harus dilakukan secara rutin jika ingin mengendalikan produksi minyak di kulit. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk cara merawat kulit berminyak, yaitu seperti berikut:

1. Memakai Krim Wajah Khusus
Tidak hanya menggunakan krim wajah khusus seperti pelembab untuk kulit kering dan kusam, krim pelembab juga bermanfaat bagi wajah berminyak untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit. Sebelum memilih untuk menggunakan krim wajah yang khusus ditujukan bagi kulit berminyak, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan ahli kecantikan atau dokter kulit yang kompeten.

2. Cuci Wajah Secukupnya
Hindari terlalu sering mencuci wajah dengan harapan minyak akan berkurang, hal itu justru akan memicu produksi minyak yang makin banyak. Cuci wajah dua kali sehari sudah cukup. Mencuci wajah secukupnya juga dapat menjadi cara merawat wajah agar tidak kusam.

3. Hindari Makanan Berminyak
Menyukai makanan yang mengandung minyak akan mempengaruhi juga pada kondisi minyak di wajah kita. Konsumsi secukupnya saja bila menginginkan makanan yang digoreng agar tidak membuat wajah makin berminyak.

4. Konsumsi Makanan Bervitamin dan Bergizi
Kulit membutuhkan nutrisi yang baik agar tetap terpelihara kondisinya. Untuk menjaga keseimbangan produksi minyak di kulit wajah, sebaiknya biasakan memakan makanan bergizi seimbang untuk menjaga asupan nutrisi bagi kulit.

5. Rajin Membersihkan Wajah
Pemilik kulit berminyak harus rajin membersihkan wajahnya agar terhindar dari masalah jerawat dan komedo, terutama setelah menggunakan riasan atau setelah beraktivitas seharian, karena minyak pada kulit berpotensi memancing kotoran yang menumpuk di kulit wajah.

6. Memakai Tabir Surya
Suhupanas memancing kulit memproduksi minyak berlebih untuk melindunsi kelembabannya. Menggunakan tabir surya yang cocok jika akan beraktivitas ke luar ruangan dan di tengah terik matahari sangat penting.

7. Banyak Minum Air Putih
Air putih sudah diketahui memiliki banyak manfaat baik untuk kulit wajah. Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh sangat baik untuk menyeimbangkan jika kita senang memakan makanan berminyak. Minum banyak air putih juga dapat menjadi cara mengatasi kulit keriput pada wajah secara alami.

8. Pilih Pembersih Yang Cocok
Pembersih yang cocok untuk kulit berminyak sangat penting, karena itu tidak bisa asal memilih saja. Bila perlu konsultasikan kepada ahli kulit dan kecantikan mengenai pembersih yang cocok untuk kulit berminyak agar terhindar dari bahaya make up palsu.

9. Minimalkan Pemakaian Make Up
Memiliki kulit berminyak tidak bisa memakai make up yang tebal. Untuk sehari – hari gunakan saja riasan yang ringan. Hindari penggunaan foundation karena dapat menyumbat pori – pori kulit dan sulit dibersihkan. Bila memang perlu, bisa menggunakan BB Cream sebagai pengganti foundation. Carilah yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak.

10. Gunakan Bedak Tabur
Paling baik adalah menggunakan bedak tabur untuk kulit berminyak karena teksturnya yang ringan. Bedak padat dapat menutupi pori – pori wajah dan beresiko menimbulkan jerawat. Sebagai informasi, ketahui juga cara memilih bedak untuk kulit sawo matang.
Attached Images
File Type: jpg 1456574_753284868021669_1745000513_n.jpg (10.0 KB, 0 views)
Views 452 Comments 0 Edit Tags
« Prev     Main     Next »
Total Comments 0

Comments

 

Remove Ads


Copyright © 2006-2013 Historum. All rights reserved.